Dikenal sebagai sebuah karya arsitektur yang luar biasa, Rumah Domes menjadi ikon unik di Dusun Ngelepen, Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Terinspirasi dari bentuk rumah Iglo yang dikenal dari Suku Eskimo, bangunan ini bukan hanya menarik perhatian berkat tampilannya yang unik, tetapi juga dikenal sebagai bangunan anti gempa yang sangat tangguh.

Dibangun oleh Domes for The World Foundation (DFTW) sebagai respons atas gempa bumi yang melanda Yogyakarta pada 27 Mei 2006, rumah-rumah ini merupakan hasil kolaborasi antara DFTW, sebuah organisasi nirlaba dari Texas, Amerika Serikat, dan World Association of The Non-Governmental Organizations (WANGO), dengan izin dari Pemerintah Kabupaten Sleman.

Rumah Domes tersebar di area seluas 2,3 hektar, terdiri dari 71 bangunan rumah dan berbagai fasilitas umum seperti musala, toilet umum, gedung aula, dan sarana kesehatan.

Setiap rumah Domes memiliki dua lantai dengan luas sekitar 38 meter persegi. Lantai pertama dirancang dengan ruang tamu, dua kamar tidur, ruang makan, dan dapur, sementara lantai kedua berfungsi sebagai ruang keluarga. Didesain dengan dua pintu di bagian depan dan belakang, empat jendela, ventilasi udara di puncak kubah, dan saluran air di dapur.

Keunggulan utama dari rumah-rumah ini terletak pada struktur kubahnya yang tidak memiliki sambungan, menjadikannya sangat tahan terhadap guncangan gempa.

Selain itu, rumah Domes juga mampu menahan angin dengan kecepatan hingga 450 km/jam, meskipun hal ini kurang berdampak signifikan karena lokasinya yang berada di daerah beriklim tropis.

Awalnya dibangun pada tahun 2007 sebagai tempat tinggal bagi korban gempa, kini ‘New Ngelepen’ telah menjadi tujuan wisata yang populer di Yogyakarta.

Desa Wisata Domes yang ramah untuk anak-anak dan keluarga mengundang pengunjung dari dalam dan luar Yogyakarta dengan biaya retribusi sebesar Rp 5.000 untuk melihat-lihat dan Rp 10.000 untuk masuk ke dalam rumah. Desa wisata ini buka setiap hari mulai pukul 07.00-18.00 WIB, siap menyuguhkan pengalaman yang unik dan berkesan bagi para pengunjungnya.

Categories:

No responses yet

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *